Keinginan manajemen Persisam Putra mendapatkan pemain asing sebagai pengganti Pavel Solomin, seolah dikejar-kejar waktu. Pasalnya pada 28 Februari mendatang, pendaftaran pemain baru untuk tim Indonesia Super League (ISL) sudah ditutup.


Kiki Bayhaqi, salahsatu pemain masa depan Persisam.
Sementara sampai kemarin, kehadiran pemain asing yang menjalani seleksi di Persisam Putra belum memikat manajemen dan pelatih Hendri Susilo. Setelah Park Jong Woo dipulangkan karena kualitasnya dianggap biasa saja, nasib Anthony Skorich pun sepertinya tak jauh beda.
H Harbiansyah Hanafiah, General Manager Persisam Putra di Stadion Madya Sempaja kemarin sore mengatakan, keinginan mendapatkan pemain asing memang sangat sulit dilakukan karena waktu yang ada sangat singkat.
Sementara pemain yang ikut seleksi, kualitasnya juga tak terlalu bagus. “Kalau saya lihat pemain asal Australia sore ini (sore kemarin, Red), tak terlalu bagus juga. Nanti kita tunggu pemain asal Korea yang katanya mau ikut latihan di sini,” kata Harbiansyah.
Jika Jung Hee Bong, pemain Korea yang kabarnya ikut latihan Sabtu sore mendatang kualitasnya juga tak memuaskan, maka opsi terakhir untuk menambah kekuatan Persisam Putra di lini depan adalah dengan memaksimalkan pemain junior.
Saat ini dua nama yaitu Aldair Makatindu dan Rahel sudah terdaftar di tim senior. Bahkan keduanya sudah masuk dalam line up Persisam Putra, saat bentrok dengan Persela Lamongan di Stadion Segiri.
“Saya pikir banyak manfaat jika kita memaksimalkan pemain muda. Selain kita tak mengeluarkan dana besar, pemain junior pun memiliki jam terbang lebih baik jika bergabung dengan tim senior,” ujarnya.
Harbiansyah melihat, pemain muda di Persisam Putra U-21 memiliki potensi besar untuk bergabung dengan seniornya. Bahkan ia tak hanya melihat sosok Aldair dan Rahel saja.
“Ada beberapa pemain lain yang saya anggap pantas bermain di senior. Tapi sementara waktu ini, biar mereka konsentrasi di junior dulu. Yang jelas pemain junior jadi opsi terakhir kita untuk menambal kekuatan di senior,” tegasnya. (rhandy)